Rss Feed
  1. Make Listening as Your New Hobby!

    Thursday, April 2, 2015

    Maaaalaaaaaaaaam!! *Alhamdulillah, sekarang nggak usah pura-pura lagi, hahahaha

    Long weekend nih! Enaknya ngapain? Pada saat-saat seperti inilah, quote "Everyone needs a hobby" sangat berarti, hahaha. 

    Menurut saya, setiap orang memang butuh hobi, man! Biar tetep waras. Gitu sih. Tanpa hobi, seseorang bisa jadi gila perlahan. Setiap kali stress, nggak ada pelampiasan. Nah, kalau punya hobi kan enak. Misal hobi main gitar, kalau lagi stress bisa dibanting-banting gitarnya. Iya kan? Hahahaha *menyesatkan*


    Oke, balik lagi ke hobi. Saya yakin di jaman yang sangat modern ini, masih ada orang-orang yang hobi baca buku *saya juga*. Jadi, momen long weekend ini bisa dimanfaatkan untuk membaca buku sepuas-puasnya, benar?


    Yeah, spend your free time surrounded by your favorite books will be great! You can spend all day long here. Pasti seru banget yah kalau ada secret place kayak gini. Bisa "kencan" sama karakter-karakter favorit kamu dari berbagai buku. Yeah, mereka memang khayalan. Tapi untuk beberapa buku yang memang sangat sangat sangat berkesan, karakternya bisa terasa sangat nyata loh.


    Or, may be you wanna spend your free time to finish THAT ONE BOOK you never touch. Hahahaha! Yeah, it's time for you to finish it NOW!

    Atau, bagi anak muda jaman sekarang yang nggak bisa duduk anteng dan baca buku *biasanya alesannya karena males*, saya punya satu saran super keceh buat kalian! Apakah itu? TIDUR! hahahaha, BUKAN! Saya akan menyarankan sebuah teknologi yang kece badai cetar membahana bumi gonjang ganjing, yaitu AUDIOBOOK saudara-saudara! Why bother to sit all day long if you can listen to your favorite books EVERYWHERE!


    Ya ya ya, kalian bisa mendengarkan buku-buku favorit kalian kapan pun dan di mana pun. Kayak mp3 aja, tapi ini buku.


    Asyik kan? Yap! Memang lebih seru. Karena pada dasarnya audiobook ini semacam dongeng. Jadi kita tinggal dengerin aja. Lebih kerennya lagi, buku dalam versi audiobook ini dibacakan oleh narator yang sudah sangat berpengalaman, jadi cara berdialognya akan mengikuti petunjuk di buku. Misal dalam buku itu si tokohnya marah-marah, maka si narator akan mengucapkan dialognya dengan nada tinggi. Jadi, bisa memudahkan si pendengar menjiwai karakter masing-masing tokoh. 

    Saya pertama kali menemukan audiobook ketika berusaha mencari buku gratisan *hehehe, dasar nggak modal* Biasanya, yang bisa didownload secara gratis atau streaming adalah model ebook. Tapi, karena saya termasuk anak yang terlalu malas untuk baca buku tebel-tebel dalam bahasa inggris, saya mencoba alternatif lain. Awalnya cuma iseng, coba-coba cari di youtube. Eh, ternyata dapet deh buku yang lagi saya cari. Dan kebetulan naratornya enak, jadi saya langsung jatuh cinta sama audiobook ini. 

    Versi audiobook memang seringnya dalam bahasa inggris. Itu sebabnya, saya agak pilih-pilih soal audiobook. Biasanya, saya bakal cari dulu buku yang saya mau, setelah dapat, akan saya coba dengarkan selama beberapa menit. Enak atau nggaknya sebuah audiobook memang tergantung dari si narator. Ada beberapa narator yang memang dirasa kurang pas untuk ceritanya. Sejauh ini, narator yang saya rasa kurang adalah untuk audiobook Hunger Games series dan Percy Jackson series. Sebenarnya, untuk Percy Jackson, naratornya udah pas banget loh. Apalagi untuk karakter Luke Castellan *yang bikin saya tergila-gila sama karakter ini*, tapi sayangnya pengucapan kalimatnya agak kurang jelas. Ini juga bisa mengurangi poin audiobook. Karena nggak semua orang paham betul bahasa inggris, jadi saya sarankan, lebih baik memilih audiobook yang pengucapannya jelas. Kecuali kalau yang bahasa inggrisnya udah tingkat dewa bujana ya. Itu sih terserah orangnya aja. Mau yang audiobooknya mumbling aja juga bisa kali, hahahaha.

    Saya sudah mencoba mempromosikan audiobook ini pada beberapa teman saya. Tapi tanggapan mereka rata-rata sama, "NGANTUK!" dan "NGGAK NGERTI BAHASA INGGRIS!"

    Oke, I admit that. Tapi rata-rata mereka yang menjawab seperti itu adalah YANG BELUM MENCOBA SAMA SEKALI. Jadi, jujur aja, saya rada kesel denger alesan semacam itu. Di jaman modern seperti sekarang ini, rasanya berusaha untuk memahami bahasa inggris udah jadi semacam kewajiban bagi kaum muda. Jadi, saya rasa, kalau ada alternatif untuk memahami bahasa inggris dengan cara yang menyenangkan, kenapa tidak? Ini sih menurut saya. Kan lumayan, sambil menyelam minum air. Kita bisa terhibur karena ceritanya, sekalian belajar listening bahasa inggris. 

    Nah, sebagai permulaan, saya sarankan kalian memulai dengan audiobook DIVERGENT series atau THE MAZE RUNNER series. Bukan, bukan karena saya jatuh cinta sama jalan ceritanya. Tapi karena menurut saya, dua cerita itu yang naratornya kece badai. Untuk DIVERGENT series, sang narator mengucapkan kalimatnya dengan sangat jelas dan sangat menjiwai karakter si tokoh utama. Begitu juga dengan THE MAZE RUNNER series.

    Oke, berikut akan saya berikan link youtube untuk audiobook dua series tersebut:

    Nah, gimana? Sudah tertarik untuk mencoba audiobook?

    HAPPY LISTENING!


  2. 0 komentar:

    Post a Comment